Teknologi Informasi dan Komunikasi





Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK (bahasa Inggris: Information and Communication Technologies; ICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknisuntuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.


 Program Pengembangan Sistem Informasi:

1) Program Pemasyarakatan Sistem Informasi
Program pemasyarakatan sistem informasi merupakan tahapan awal dari usaha menciptakan manusia dan masyarakat informasi melalui upaya agar masyarakat mengetahui ihwal teknologi informasi, mampu memanfaatkan informasi untuk mendapatkan nilai tambah, lebih menghargai data dan informasi, serta menanamkan budaya sadar informasi.

2) Program Pembinaan Industri Teknologi Informasi
Program pembinaan industri teknologi informasi bertujuan meningkatkan kemampuan teknologi informasi yang mampu memenuhi kebutuhan informasi di dalam negeri dan yang mampu memanfaatkan peluang pasar internasional.

3) Program Pendidikan, Pelatihan, dan Penyuluhan Sistem Informasi
Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembangunan sistem informasi, diperlukan tenaga profesional dengan kualitas dan jumlah yang memadai. Program pendidikan, pelatihan,  dan penyuluhan sistem informasi bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga ahli yang terampil untuk mendukung pelaksanaan pembangunan sistem informasi yang andal.

4) Program Pembinaan Kelembagaan

Program pembinaan kelembagaan bertujuan memantapkan tatanan kelembagaan yang dapat mendorong pemanfaatan yang optimal atas sumber daya informasi, meningkatkan kelancaran penyelenggaraan sistem informasi, dan mempercepat penguasaan kemampuan di bidang teknologi informasi.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Teknologi Informasi dan Komunikasi ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 17 Mei 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Teknologi Informasi dan Komunikasi
 

0 komentar:

Posting Komentar